Sunday, January 16, 2011

belajar mengemudi

banyak diantara kita yang merasa grogi ketika ingin belajar mengemudi. entah takut lecet mobilnya, entah takut ama koplingnya, takut mesin mati ketika di tanjakan, atau takut karena pake mobil pinjeman dari kantor, wkwkwkwk....

sebenarnya belajar mengemudi itu cukup mudah. cukup bermodalkan niat pengen bisa, hilangkan rasa takut, minuman di dashboard, lagu kesayangan, mulut buat bernyanyi (diinspirasi dari film Taxi New York-nya Queen Latifah), dan tentu saja mobilnya (pinjeman atau milik sendiri, asal bukan colongan) sekalian instrukturnya.

selanjutnya, tentu saja langsung belajar pake ilmu terjun bebas (buku manual "Driving Lesson for Dummies" gak usah dibawa apalagi dibaca, langsung aja praktek). cari jalan raya yang lumayan lebar dan sepi. bagusnya sih malem-malem, skalian ronda,hahahaha...ok, kita mulai. ladies and gentlemans............. let's start the engine bruummm.... eits, jangan panik ketika mesin mobil menyala. santaikan semua tubuh dan pikiran. nyalakan lagu kesanyangan anda, minum dulu soft drink-nya, dan mulai menyanyi. cek spion kiri, kanan tengah. ingat, tubuh ama pikiran masih dalam posisi super santai sambil tetep menyanyi. ok, siap? injak koplingnya, masukkan giginya, tekan sedikit gasnya (posisikan kaki kanan santai). angkat kaki kiri dari pedal kopling sedikit sampai terasa hentakan mesin. lepaskan handbrake dan.......wow...mobilnya jalan (tenang, jangan grogi, santai, relaks dan tetep bernyanyi mulutnya).
selamat, anda sudah bisa menjalankan mobil pada posisi gigi terendah. untuk oper gigi, lepaskan dulu pedal gasnya, injak koplingnya, tarik tuas kopling ke belakang. setelah itu lepas kaki kiri dari pedal kopling dan dilanjutkan dengan kaki kanan menginjak pedal gas secara lembut penuh perasaan. demikian seterusnya sampai lancar mengoper gigi.

harap diperhatikan :
  1. jangan membawa kebiasaan mengendarai motor untuk mengendarai mobil karena mobil gak bisa main selip kiri kanan seperti motor.
  2. maksimalkan penggunaan semua spion (gak mungkin dong spion dipasang cuma buat keren-kerenan aja)
  3. jaga kebersihan mobil. buang sisa soft drink dan segala macam pembalut pada tempat sampah. (ingat, mobil anda bukan mobil sampah kan?)
  4. semua kerusakan yang mungkin terjadi dapat diperbaiki lagi (selama duit di kantong ada)
  5. yang paling penting, utamakan selamat, cerdas dalam berkendara dan sabar (semakin besar kendaraan yang dikendarai, semakin banyak sabar yang dibutuhkan)

selamat belajar

No comments:

Post a Comment